Sabtu, 15 Juli 2023

Anies Baswedan Kritik Sistem Pendidikan Indonesia

Anies Baswedan, calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), mengungkapkan kritik terhadap sistem pendidikan di Indonesia yang dianggapnya terlalu sering mengubah buku pelajaran dan kurikulum sekolah. Menurutnya, yang seharusnya diperbaiki dalam sistem pendidikan adalah kualitas guru.

Anies menjelaskan bahwa banyak siswa menyukai suatu mata pelajaran karena guru yang mengajarkannya, bukan karena buku pelajarannya. Ia menyayangkan fokus yang terlalu banyak pada perubahan buku dan kurikulum, seringkali berupa proyek, padahal ketika ditanya mengapa mereka menyukai pelajaran tertentu, jawabannya adalah guru.
Anies Baswedan

Menurut Anies, pemerintah seharusnya fokus pada peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah. Pemerintah perlu mendatangkan guru-guru yang menyenangkan agar para siswa dapat belajar dengan baik. Ia menekankan bahwa anak-anak yang datang ke sekolah dengan berat hati, menghabiskan waktu di sekolah dengan berat hati, dan pulang dengan senang hati menunjukkan adanya masalah. Sebaliknya, jika mereka datang dengan senang hati, menghabiskan waktu di sekolah dengan senang hati, dan pulang dengan berat hati, maka sekolah tersebut bagus.

Anies menyadari bahwa kualitas guru sangat menentukan keberhasilan sistem pendidikan. Selain itu, kepala sekolah atau rektor juga harus memiliki kualitas yang baik dalam memimpin sekolah atau universitas.

Ia juga mengingatkan bahwa guru juga perlu mendapatkan penghidupan yang layak agar bisa menjadi guru yang berkualitas. Salah satu hal yang penting adalah memberikan upah yang cukup kepada guru. Jika mereka mengalami kesulitan keuangan, akan sulit bagi mereka untuk fokus pada tugas mengajar karena harus mencari penghasilan tambahan.

Anies Baswedan menegaskan bahwa pendapatan guru harus mencukupi sehingga mereka dapat fokus pada tugas mengajar. Jika tidak, mereka akan mengajar sambil les, dan siswa yang tidak ikut les akan mendapatkan nilai yang buruk. Oleh karena itu, kesejahteraan guru harus diperhatikan agar siklus yang bermasalah dapat dihindari.

Dengan fokus pada peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah/kampus, serta pemberian penghidupan yang layak kepada guru, Anies berharap sistem pendidikan di Indonesia dapat mengalami perubahan yang signifikan demi masa depan pendidikan yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar