Rabu, 09 Agustus 2023

Misteri Anak Hilang di Dlingo, ditemukan Selamat Setelah Pencarian 3 Hari

Misteri Anak Hilang di Dlingo, ditemukan Selamat Setelah Pencarian 3 Hari

Seorang remaja bernama Andi Saputra (15 tahun) yang berasal dari Kalurahan Temuwuh, Dlingo, Bantul, dilaporkan hilang pada Senin, 7 Agustus 2023. Pagi itu, Andi pergi dari rumah dengan maksud menuju Kali Panjang. Saat bertemu tetangganya di perjalanan, ia diminta untuk pulang karena dianggap tidak aman. Namun, Andi menolak dan melanjutkan perjalanannya.

Ibu Andi mengikuti jejak anaknya namun kehilangan kontak dengannya. Kemudian, ponsel Andi ditemukan di bawah pohon bambu di Kali Dong Parang, dekat perbatasan antara Kalurahan Temuwuh dan Muntuk. Warga sekitar mencoba melakukan pencarian, tetapi tidak berhasil. Pada Selasa sore, 8 Agustus 2023, Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta (BASARNAS YK) dihubungi untuk membantu dalam pencarian.

Kepala Kantor BASARNAS YK, Kamal Riswandi, segera mengirimkan Tim Rescue dari Pos Basarnas Gunungkidul untuk bergabung dengan Tim SAR Gabungan. Setelah pencarian intensif, pada pukul 18.00 WIB hari itu, pencarian dihentikan sementara dan direncanakan untuk dilanjutkan keesokan harinya.

Pada hari kedua pencarian, 9 Agustus 2023, Operasi SAR dilanjutkan di Hutan Dlingo. Koordinat Search Area H2 ditentukan untuk pencarian, melibatkan Tim SAR Gabungan dan anggota polsek Dlingo, dipimpin oleh Kapolsek Dlingo, AKP Sutrisno. Pencarian berlanjut di sisi timur dan barat LKP dengan upaya mencakup area yang lebih luas.

Namun, kabar baik datang pada Rabu, 9 Agustus 2023, pukul 16.00 WIB. Andi berhasil ditemukan dalam kondisi selamat di Bukit Watu Putih. Pencarian ini melibatkan berbagai komponen, termasuk SAR, kepolisian, relawan, perangkat desa, dan masyarakat umum. Usaha gigih dari Tim SAR Gabungan dan berbagai pihak akhirnya membuahkan hasil.

Andi ditemukan dalam keadaan lemas dan lapar, mengingat ia sudah 3 hari hilang tanpa makan dan minum. Selanjutnya, ia dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan ke Klinik Mitra Husada untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Tim SAR gabungan dari Basarnas, anggota Polsek Dlingo dan Relawan berhasil menemukan Andi Saputra yang hilang di Sungai dekat rumah. Warga Dusun Kapingan, Temuwuh, Dlingo, Bantul pergi ke sungai pada Senin, (7/8/2023) pagi tanpa sepengetahuan keluarga. Tulis akun @PolsekDlingo

Operasi SAR di Hutan Dlingo, yang menghadapi kondisi membahayakan, akhirnya dihentikan setelah Andi ditemukan dengan selamat. Semua unsur Tim SAR Gabungan kemudian dikembalikan ke tugas-tugas masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar