Langsung ke konten utama

Pentingnya Pendidikan Anti-Korupsi bagi Generasi Muda

Diskusi Interaktif di UNILA

Kemajuan suatu negara sangat ditentukan oleh kemampuan dan keberhasilan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah pembangunan. Efektivitas dan keberhasilan pembangunan sangat penting. Indonesia merupakan salah satu negara terkaya di Asia dari segi keanekaragaman sumber daya alam. Namun, ironisnya, dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya, Indonesia termasuk ke dalam kategori negara yang miskin. Hal ini terjadi karena rendahnya kualitas sumber daya manusia, bukan hanya dari segi pengetahuan tetapi juga dari kualitas moral dan tingkat kejujuran, terutama dalam pemerintahan yang menyebabkan korupsi.

Korupsi adalah salah satu masalah dan tantangan besar yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kita harus memiliki sifat kejujuran agar tidak merugikan negara kita. Korupsi di Indonesia sudah merajalela dan bahkan menjadi “kebiasaan.” Korupsi sering dikaitkan dengan politik, perekonomian, kebijakan publik maupun internasional, kesejahteraan sosial, dan pembangunan nasional. Korupsi memiliki berbagai efek destruktif, khususnya pada sisi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu upaya jangka panjang terbaik untuk mengatasi korupsi adalah dengan memberikan pendidikan anti-korupsi dini kepada generasi muda, terutama mahasiswa di perguruan tinggi. Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang akan menggantikan para pemimpin saat ini. Lingkungan keluarga juga menjadi faktor nomor satu karena keluarga adalah yang membentuk kepribadian.

Korupsi dalam bahasa Latin, "corriptio," berasal dari kata kerja "corrumpere" yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalikkan, atau menyogok. Tindakan korupsi melibatkan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang secara tidak wajar dan ilegal menyalahgunakan jabatan atau kekuasaan mereka untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Definisi lainnya dari korupsi disampaikan World Bank pada tahun 2000, yaitu “korupsi adalah penyalahgunaan kekuasaan publik untuk keuntungan pribadi". Definisi World Bank ini menjadi standar internasional dalam merumuskan korupsi.

Mahasiswa sebagai generasi muda perlu dipersiapkan sebagai penerus kepemimpinan bangsa. Karena pejabat yang kini bergelimang harta hasil korupsi mungkin dulunya adalah mahasiswa yang berteriak lantang tentang integritas dan keadilan. Oleh karena itu, kita harus menanamkan jiwa anti-korupsi sejak dini, Kejujuran sebagai Kunci Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chatbot: The Revolution in Human-Computer Interaction

In recent years, there has been a significant revolution in the way humans interact with computers and technology. One of the most exciting developments in this field is the emergence of chatbots. A chatbot is a computer program designed to simulate human conversation through natural language processing (NLP) and artificial intelligence (AI) algorithms. This technology has been making waves across various industries, transforming the way businesses and individuals interact with information and services.

Tentang Alamat Blog dan Contohnya

December 31, 2022, Alamat blog adalah sebuah tautan unik yang mengarah ke halaman utama sebuah blog. Alamat blog biasanya terdiri dari nama domain yang merupakan bagian dari alamat website, diikuti dengan tautan yang mengarah ke halaman utama blog tersebut. Contohnya, jika Anda memiliki sebuah blog dengan nama “Kuliner Malang”, maka alamat blog Anda akan terlihat seperti ini: https://www.kulinermalang.com

Solusi Web tanpa Ribet dengan WordPress Hosting

September 1, 2022 , WordPress merupakan sebuah aplikasi web yang sumber terbuka (open sourced) yang sangat populer digunakan sebagai mesin web/blog. WordPress ini sebuah CMS yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. PHP dan MySQL merupakan perangkat lunak sumber terbuka juga. WordPress merupakan Solusi Web tanpa Ribet dengan apalagi dengan WordPress Hosting akan lebih simpel.   WordPress  adalah  Content Managemen System  (CMS) yang digunakan untuk membuat dan mengelola website atau blog.