Langsung ke konten utama

UMBY Luncurkan Jurnal Pengabdian Gratis - Angudi Mulyaning Bangsa

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) bagian Publikasi, menyelenggarakan Workshop Penggunaan Reference Tools dan Sharing Tips Menghindari Predatory Journals pada Rabu (15/5/2024). Workshop yang berlangsung di Ruang Seminar Kampus 1 UMBY ini menghadirkan Syarief Fajaruddin, dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, sebagai pemateri.

Workshop kali ini dipandu oleh Dr. Yuli Perwita Sari STP, yang juga merupakan Kabag Publikasi. Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang peluncuran jurnal pengabdian Angudi Mulyaning Bangsa oleh Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet STP MP MCE. Kepala LPPM UMBY, Luky Kurniawan MPd, menekankan pentingnya keterampilan dasar dalam penggunaan reference tools bagi peneliti. “Workshop ini diadakan mengingat pentingnya penggunaan reference tools sebagai keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang author atau peneliti,” ujarnya.



Luky juga menjelaskan bahwa penggunaan reference tools akan memudahkan peneliti dalam mensitasi rujukan yang akan dimuat dalam artikel yang dipublikasikan. “Kami berharap pelatihan ini bisa berkelanjutan. Ke depannya, kami akan mengadakan pelatihan lanjutan mengenai penggunaan analisis bibliometric agar peluang diterima di jurnal-jurnal bereputasi semakin besar,” tambahnya.

Luky melanjutkan, kegiatan ini juga menjadi momen peluncuran jurnal pengabdian bernama Angudi Mulyaning Bangsa, yang mencerminkan semangat UMBY. Diawal pelunucran ini Dosen bisa publikasi paper secara Gratis di jurnal Abdimas ini. “Harapannya, jurnal ini bisa mewadahi dosen UMBY untuk mempublikasikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan proporsi penerimaan 50% dari internal dan 50% dari eksternal, sehingga proses akreditasi mendapatkan poin maksimal,” jelasnya.

Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet STP MP MCE, mengapresiasi LPPM yang telah berupaya keras dari penyusunan hingga peluncuran jurnal Angudi Mulyaning Bangsa. “Peluncuran ini sangat sesuai dengan harapan dan visi pendiri universitas yaitu Angudi Mulyaning Bangsa. Semoga tiap edisi jurnal selalu terisi dan dapat meningkatkan semangat dalam tri darma perguruan tinggi, khususnya penelitian dan publikasi,” ujarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chatbot: The Revolution in Human-Computer Interaction

In recent years, there has been a significant revolution in the way humans interact with computers and technology. One of the most exciting developments in this field is the emergence of chatbots. A chatbot is a computer program designed to simulate human conversation through natural language processing (NLP) and artificial intelligence (AI) algorithms. This technology has been making waves across various industries, transforming the way businesses and individuals interact with information and services.

Tentang Alamat Blog dan Contohnya

December 31, 2022, Alamat blog adalah sebuah tautan unik yang mengarah ke halaman utama sebuah blog. Alamat blog biasanya terdiri dari nama domain yang merupakan bagian dari alamat website, diikuti dengan tautan yang mengarah ke halaman utama blog tersebut. Contohnya, jika Anda memiliki sebuah blog dengan nama “Kuliner Malang”, maka alamat blog Anda akan terlihat seperti ini: https://www.kulinermalang.com

Solusi Web tanpa Ribet dengan WordPress Hosting

September 1, 2022 , WordPress merupakan sebuah aplikasi web yang sumber terbuka (open sourced) yang sangat populer digunakan sebagai mesin web/blog. WordPress ini sebuah CMS yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. PHP dan MySQL merupakan perangkat lunak sumber terbuka juga. WordPress merupakan Solusi Web tanpa Ribet dengan apalagi dengan WordPress Hosting akan lebih simpel.   WordPress  adalah  Content Managemen System  (CMS) yang digunakan untuk membuat dan mengelola website atau blog.