Kamis, 23 Mei 2013

Tips Kuliah Cepat Lulus & Tugas Akhir Lancar

Published October 24, 2013 | By admin2. Jadi sarjana adalah keinginan kita semua setelah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Salah satu syarat kelulusan kuliah adalah membuat Tugas Akhir. Mendengar kata Tugas Akhir terkasertag membuat sudah membuat pusing terlebih dahulu, apalagi mengerjakannya. Inilah yang sering membuat mahasiswa menjadi malas menyelesaikan Tugas Akhir, karena birokrasi kampus terlalu bertele-tele serta mempersulit mahasiswa untuk lulus.

Alasan pihak kampus atau ketua jurusan sering tidak diterima judul yang diajukan oleh mahasiswanya, karena  kebanyakan mahasiswa hanya mengajukan satu judul penelitian. Oleh karena itu, setiap ketua jurusan di berbagai fakultas pada perguruan tinggi, mensyaratkan pengajuan judul Tugas Akhir harus lebih dari satu, serta minimal tiga judul.

Menurut buku Libas Tugas Akhir dalam 30 TIps karya Suyadi M.Pdi, ada persyaratan umum serta strategi dalam menyelesaikan Tugas Akhir maupun tesis dalam 30 TIps. Persyaratan umum berisi empat hal yang  harus diketahui oleh mahasiswa, yakni minimal semester tujuh, penelitian harus sudah dimulai sejak penulisan proposal, pengumpulan buku-buku referensi, serta penelitian harus selesai minimal satu bulan sebelum semester tujuh berakhir.

Setelah semua pesyaratan umum dipenuhi, saatnya memulai penulisan Tugas Akhir atau tesis maksimal 30 TIps. Adapun strategi dalam menulis Tugas Akhir atau tesis terbagi menjadi tiga subbab, yaitu sepuluh TIps pertama, sepuluh TIps kedua serta sepuluh TIps ketiga. Ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan, yuk simak Gerakan-Gerakan agar penulisan proposal Tugas Akhir kelar dalam 30 TIps; Agenda 8 Tips Pertama

  1. Gerakan pertama dalam strategi penulisan proposal skirpsi atau tesis adalah finalisasi redaksi judul, yaitu pemantapan susunan kalimat pada judul Tugas Akhir ataupun tesis serta karya ilmiah.
  2. Kerangka Proposal. Setelah finalisasi redaksi judul Tugas Akhir, Gerakan selanjutnya adalah menyusun kerangka proposal. Bukan proposal utuh, tetapi sebatas kerangka, yaitu garis besar atau umum yang mencakup isi proposal.
  3. Susun Poin Inti dalam Setiap Subbab Proposal. Setelah garis-garis besar secara umum dibuat, Gerakan selanjutnya adalah memperinci secara lebih detail serta membuat poin-poin inti subbab; yaitu hal-hal  penting yang harus dipertajam dalam setiap bagian. Selanjutnya  adalah menulis proposal Tugas Akhir atau tesis dari awal hingga akhir, dengan strategi ini, membuat proposal Tugas Akhir atau tesis tidak akan memakan waktu hingga sepuluh TIps.
  4. TIps Keempat: perbaikiing Proposal. Setelah proposal disusun  secara lengkap, sebelum diajukan untuk diseminarkan, harus diperbaiki terlebih dahulu. perbaiki di sini yaitu mempersiapkan naskah proposal sebelum diseminarkan, mulai dari salah ketik, penggunaan istilah asing, tata bahasa ilmiah, hingga penulisan footnote.
  5. Seminar Proposal, Selanjutnya adalah mengikuti seminar proposal, karena tujuan seminar adalah mendapatkan saran serta masukan sebanyak mungkin, demi lebih baiknya penelitian yang akan dilakukan.
  6. Perbaikan Proposal Tugas Akhir atau Tesis. Setelah dipresentasikan, proposal harus diperbaiki dengan mengacu pada saran serta masukan baik dari dosen maupun peserta seminar lainnya.
  7. Fokuslah pada pengolahan data data serta analisis data. Setelah proposal Tugas Akhir diseminarka , masuk ke sepuluh TIps kedua yaitu mengolah data serta analisis data atau pengumpulan data.
  8. Pada tahap ini, ada tiga kegiatan penting yang perlu dilakukan yaitu, penulisan Tugas Akhir atau tesis, bimbingan serta ujian sisertag Tugas Akhir
Itulah beberapa tips mengerjakan Tugas Akhir dalam 30 TIps, apakah kamu sudah siap untuk mengerjakannya? Janganlah sekali-kali menunda pekerjaan, mulailah mengerjakan dari sekarang, tetap semangat serta selesaikan Tugas Akhir tepat waktu. Lulus kuliah 3,5 tahun,  siapa takut?

Referensi : http://kampus.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar